Pages

Selasa, 03 Juli 2012

Nastar Klasik ala VieS

Kali ini saya juga akan memposting foto lama hasil ubek2x di lappy. Duh ternyata banyak juga foto yang lupa saya upload.
Nastar Klasik, ini adalah salah satu kue kering favorit saya. Bahkan kalo dipikir-pikir ini bukan sekedar salah satu favorit tapi yang paling saya cinta. Saya bahkan mampu menghabiskan 1 toples nastar dalam sekejap. Resep untuk kulit nastar saya suka yang klasik tidak macam2x dengan isi selai nanas klasik juga. Selai nanas yang saya inginkan adalah yang teksturnya berserat diolah dengan cara diparut bukan diblender halus. Untuk selai nanas sendiri, saya suka selai nanas yang homemade buatan sendiri tanpa pengawet n memakai gula alami. Untuk tampilannya pun saya juga sangat cinta nastar dengan tampilan klasik bentuk daun dengan hiasan jepit ala imlek buatan aji-aji. :) (bisa dilihat di gambar, nastar bentuk daun jepit paling atas. Agak ribet bikinnya tapi puas)

Ada aturan dalam membuat nastar karena kue kering ini cendrung cerewet lho, jadi kudu diperlakukan secara baik.
1. Adonan jangan di mixer kalau pun mau pake mixer itu tidak lama hanya 2 menitan
2. Jangan mengaduk adonan pake tangan karena suhu tangam yg panas akan membuat adonan menjadi keras n liat.
3. Pake lah sendok plastik untuk mengaduk adonan.
4. Pada saat memanggang jangan menggunakan api yang besar karena akan menyebabkan kulit nastar retak.
5. Pakailah selai yang tidak terlalu basah agar isinya tidak meluber.
6. Isilah selai secukupnya. Jangan berlebihan karena hanya akan menyebabkan nastar "meledak".

Nastar Klasik ala VieS
Bahan kulit:
250 gram terigu protein rendah (Bogasari Cap Kunci)
30 gram Maizena kualitas baik
225 gram Margarin
20 gram susu bubuk (saya pake Danco* Full Cream)
2 kuning telur
1/4 sdt garam halus
50 gram gula halus
Cara Buat:
Masukkan dalam wadah terigu, maizena, susu bubuk, garam halus dan gula halus. Aduk rata. Masukkan Margarin dan kuning telur bersamaan ke dalam adonan terigu aduk dengan sendok plastik dengan lembut dan jangan terlalu lama. Cukup sekitar 1 menit sampai rata. Ambil secuil adonan, bulatkan sebentar dengan tangan secara lembut. Buat lebar, isi dengan selai lalu tutup kembali dan dibentuk sesuai selera.
Semir loyang dengan sedikit margarin susun nastar di atasnya lalu  panggang dengan api sedand bawah lalu api sedang atas sampai kecoklatan. (Saya pakai oven tangkring jadul)

Notes:
Nastar paling atas berbentuk daun. Setelah di isi selai dan ditutup. Adonan di pulung lonjong dan dijepit menyerupai daun. Boleh di semir kuning telur atau pun tidak. (gambar di atas tanpa disemir kuning telur)
Nastar tengah adalah nastar gepeng isi selai blueberry. Caranya bentuk bulat adonan menyerupai kelereng lalu lubangi (saya melubangi pake bagian pangkal sumpit) kemudian dengan plastik segitiga isi selai blueberrynya.
Nastar paling bawah adalah nastar dengan topping keju cheddar parut. Bulatkan adonan setelah di isi lalu susun rapi adonan dalam loyang yang telah di semir margarin. Semir bagian atas adonan dengan kuning telur taburi keju. Panggang 3/4 matang lalu semir dengan kuning telur lagi kemudian panggang sebentar.
Boleh menambahkan butter pada adonan kulit nastar agar lebih harum dengan perbandingan 3/4 margarin 1/4 butter. Jangan menambahkan terlalu banyak butter karena hanya akan menyebabkan nastar menjadi rapuh.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar