Pages

Kamis, 11 Agustus 2011

Biji Salak ala Vies

Pagi yang melelahkan. Itulah deskripsi tentang pagi yg saya alami karna tiba2x Koko Honey mengajak ke Jogja padahal saya sudah terlanjur menyiapkan bahan makanan. Yah akhirnya diputuskan makanan harus tetap diolah dengan pertimbangan takut basi karna salah satu olahan memakai santan. Kalo dikulkasin takutnya tidak fresh & kandungan santan dalam kelapa parut menyusut. Untung Koko Honey mau ngebantuin buat membersihkan perabot jadi berasa lebih ringan. Thanks Koko ^__^.

Hari pertama puasa sempat mampir ke pasar Gede untuk membeli buah2xan & ubi rambat. Nah kebetulan ubinya masih ada sisa sehingga saya pun berinisiatif membuat Biji Salak. Selain itu juga kasian sama si Ahmed, perasaan dari puasa kemaren dia baru ngerasain kolak satu kali. He.he.he (majikan yg pelit). Untuk membuat Biji Salak ini saya sengaja memilih ubi rambat berwarna orange. Warnanya yg cantik bikin nafsu buat menyantapnya selain itu juga untuk menghindari penggunaan pewarna.


BIJI SALAK ala VieS 

Bahan Kuah:
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa yang setengah tua
70 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, sobek2x
1 sdm tepung beras larutkan dengan 1 sdm air 
Cara buat:
Hangatkan santan di atas api kecil. Masukkan gula, garam dan daun pandan. Aduk terus jangan sampai santan mendidih. Masukkan cairan tepung beras. Aduk rata, matikan api. (pemanasan santan kurang lebih selama 7 menit).


Bahan Biji Salak:
500 gram ubi rambat yg telah dikupas
130 gram tepung tapioka (saya pakai merk Rosebrand
Cara buat:
Kukus ubi rambat yg telah dipotong sampai empuk. Selagi panas haluskan ubi rambat. Masukkan tepung tapioka secara bertahap. Uleni dengan sendok kayu/plastik. (it's very hottt. just be carefull). Bentuk bulat2x sebesar kelereng.
Didihkan air yg berisi daun pandan dalam dandang. Masukkan biji salak. Bila biji salak ada yang mengambang segera angkat, tiriskan lalu cemplungin dalam kuahnya. Lakukan sampai adonan biji salak habis.




Tips:
Kunci utama pembuatan kolak ada pada kualitas santan. Jadi usahakan agar santannya fresh dari kelapa 1/2 tua dan tidak berlebihan dalam memanaskan santan sehingga menjadi bergumpal.
Boleh ditambahkan gula merah dengan mengurangi takaran gula pasir.
Resep diatas menghasilkan biji salak dengan kekenyalan tingkat medium. Jadi kalo mau lebih kenyal boleh ditambahkan 2 sdm tapioka. 




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar