Pages

Rabu, 10 Agustus 2011

Bolu Gulung Hemat Telur

Punya 3 butir telur yang sedang menganggur sehingga terpikir oleh saya untuk membuat cake yang ekonomis. It's Bolu Gulung aka BolGul.

Maaf saya lupa source bolgul ini darimana. Pun takaran terigunya telah saya ubah begitu pula dengan penampakannya menjadi polkadot warna-warni. (Next in the future, moga saya selalu ingat mencatat sourcenya. Amien). 
Soal rasa bolgul ini tidak kalah enak & teksturnya pun lumayan lembut serta tidak berminyak. Jadi buat yg takut kolesterol karna penggunaan telur yg banyak, bolgul ini boleh dicoba. Dijamin tidak mengecewakan. 
Resep ini cocok buat pemula yg sering gagal sehingga ga rugi2x amat karna penggunaan telur yang relatif sedikit. (sifat pelitnya keluar. hahahay)




 


BolGul Hemat Telur

Bahan
3 butir telur
50 gram gula halus
1 sdt TBM
1 sachet Vanili
40 gram Terigu protein sedang
10 gram Maizena
80 gram margarin dilelehkan
motif polkadot:
pasta coklat   
pasta pandan
pasta strawberry
Filling:
selai strawberry 

Cara buat
Kocok telur gula & TBM sampai kental dan berjejak. Masukkan vanili lalu terigu yang telah diayak dengan maizena sedikit demi sedikit. Mixer dengan kecepatan rendah. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit dengan teknik aduk balik memakai sendok kayu/plastik. Pastikan bahwa margarin tidak ada yang mengendap agar cakenya tidak bantet.

Untuk cake:
Tuang adonan pada loyang ukuran 24x24x3cm yang telah dioles margarin dan dilapisi kertas roti. Ratakan.
Untuk motif polkadot: 
Ambil masing-masing 1 sdm adonan dan beri pewarna. Aduk rata. Masukkan ke plastik segitiga yang ujungnya telah dilubangi. Buat motif polkadot.
Banting pelan loyang yang berisi adonan. Lakukan beberapa kali sampai terlihat ada lubang2x kecil yg muncul. Hal ini berguna untuk membuang udara di adonan agar cakenya padat dan tidak berlubang-lubang.

Oven 180 derajat selama 12 - 15menit. Pada 3 menit terakhir pindahkan ke rak atas agar permukaan bolgulnya kering sehingga tidak lengket di sarbet/kertas roti sewaktu digulung.
keluarkan dari oven, balik di atas sarbet kering yg bersih. Kelupaskan kertas rotinya. Kasi filling selai strawberry. Gulung dan padatkan.

Notes: 
Saya memanggang bolgul selalu di rak paling atas dengan menggunakan oven tangkring jadul. So kudu kenali sifat oven masing2x ya... 



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar