Pages

Kamis, 16 Februari 2012

Pakuk Midin Sang Makanan Kampung

Tadi pagi saya pergi ke pasar traditional membeli buah-buahan untuk acara rujak merujak. Mata saya pun tertuju pada satu jenis sayuran berupa pakis yang terlihat segar sekali. Melihat sayuran tsb saya pun teringat akan masa lalu di kampung Kapuas Hulu. Karena minimnya sayuran maka kami sering mengkonsumsi pakis sebagai menu sehari-hari. 

Sayur pakis ini termasuk dalam draft makanan favorit saya. Namanya Pakuk Midin. Pakuk bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya Pakis, sedangkan Midin sendiri adalah nama dari variant pakis tersebut. Ada banyak jenis pakis, masing-masing memiliki bentuk, warna, tekstur dan aroma yang berbeda. Bila berkunjung ke Pontianak, menu pakis ini dapat ditemukan dibeberapa resto chinesse food salah satunya RM Borneo.


Bagian yg dimakan dari Pakuk ini adalah daun dan pucuknya yg masih muda. Cara pengolahan Pakuk Midin ini bisa direbus ataupun ditumis. Saya pribadi lebih senang dengan olahan Pakuk Midin yang ditumis lengkap dengan sambel terasi pedas. Yuk kita intip resep dan cara memasaknya. 

Bahan:
3 Ikat Pakuk Midin, disiangi dan cuci bersih
1 genggam Ikan Teri, cuci bersih, tumbuk agak kasar stelah bumbu dihaluskan
Haluskan:
12 butir Rawit
1 bungkus Terasi
3 siung Bawang Putih
6 siung Bawang Merah
sedikit garam
Cara buat:
Panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan Pakuk Midin. Oseng sampai agak layu, tambahkan sedikit air, garam dan kaldu bubuk. Biarkan mendidih sebentar lalu matikan apinya. Angkat dan siap dihidangkan.

maaf ya penampakannya kurang menggugah selera, terlalu polos tanpa garnish. Dicari-cari di kulkas, tapi gak ada yang bisa dipakai buat garnish.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar