Pages

Senin, 27 Februari 2012

Soes Isi Fla Jagung

Kali ini masih dalam misi bongkar2x foto lama di kompi untuk selanjutnya di publish di blog ini. Foto yg beruntung mendapat kesempatan mejeng kali ini adalah kue Soes Isi Fla Jagung. Cara buat kue Soes ini gampang kok dan untuk fillingnya bisa dikreasikan sesuai selera. Pokoknya terserah mau dikasi filling apa soalnya kue Soes sendiri rasanya tergolong netral cendrung sendikit asin jadi gampang buat kreasikan fillingnya.
Kali ini saya memilih fla jagung, alasannya simple karena pada saat itu stok yg ada di kulkas hanya jagung manis. Jadi daripada jagungnya mumbazir mending saya kreasikan jadi fla jagung. Untuk rasanya lumayan enak kok dan pastinya jagung sendiri mengandung banyak vitamin yg baik bagi kesehatan.




Kue Soes (resepnya dari NCC ya) saya bikin 3/4 resep
Bahan:
200 gram air
1/4 sdt garam
1 sdm gula
125 gram margarin (saya pakai Blueband)
150 gram terigu protein tinggi (saya pakai Cakra)
4 butir telur ayam
Cara buat:
Didihkan air, garam, gula dan margarin di dalam panci di atas api sedang sambil diaduk-aduk. Lalu tambahkan terigu sambil diaduk sampai menyatu lalu segera matikan api kompor. Biarkan sampai adonan menjadi suhu ruang.
Sambil dikocok dengan mixer tambahkan telur satu persatu. Mixer sampai rata.
Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yg ujungnya telah dikasi spluit lalu semprot di atas loyang yg sudah di semir dengan sedikit margarin dan ditaburi terigu. Oven 200 derajat selama 10 menit, lalu turunkan panas ovennya dan oven lagi sekitar 5 menit. Keluarkan dari oven, biarkan dingin.
Gunting kue Soes dari arah llingkaran tengah dan jangan sampai putus. Semprotkan rongga kue Soes dengan pipping bag yg telah diisi dengan fla jagung. Lalu tutup kembali dengan bagian atasnya. Kue Soes siap untuk disantap.
Tips:
Jangan membuka oven kalau soesnya belum mengembang sempurna karena nanti akan menyebabkan rongganya gagal mengembang sempurna karena belum kokoh.
Gunakan api besar pada 10 menit pertama fungsinya agar adonan mengembang dan menghasilkan rongga di dalamnya.
Kecilkan apinya setelah 10 menit fungsinya untuk mematangkan adonan Soes.
Taburi loyang yg telah disemir dengan sedikit margarin agar bagian bawah Soes tidak gosong.

Resep fla jagung menyusul ya, karena pada saat itu saya mencampur adonannya ngasal aja dan lupa saya catat. >.<




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar