Pages

Kamis, 28 Juni 2012

Rendang Daging Super Pedas ala VieS


Rendang, nah itu adalah salah satu Indonesian Food yang sangat saya sukai. Rasanya gak cukup sepotong pengen nambah lagi lagi dan lagi. Semakin empuk, hot n spicy maka semakin enak menurut saya. Selain rasanya yang enak harga rendang juga cukup mahal lho. Bayangkan saja jika 2 potong rendang dibanderol Rp.10rb. Mending masak sendiri modal Rp.50.000 bisa dapat sewajan. Sudah gitu kualitas n kebersihan daging pasti gak diragukan karna kita sendiri yang memilih.

Dulu saya menyangka masak rendang itu susah n bumbunya "rahasia" banget. Ekh ternyata gampang juga lho. Kunci memasak rendang selain pada pemilihan daging yang gampang empuk juga adalah memasak santan segar selama berjam-jam sehingga mendapat tekstur kuah yang kental dan gurih.

Hari ini saya membeli sekilo daging untuk dimasak rendang, setelah masak kayaknya jumlah dagingnya jadi dikit (akumulasi penyusutan daging). Memang sih saya cuma tinggal berdua sama suami tapi kayaknya gak cukup deh. Malah sekarang saya suka memasak daging dalam porsi yang banyak biar klo tidak habis bisa saya kulkasin untuk menu sarapan keesokan harinya. Maklum saya sekarang suka bangun kesiangan n pas bangun belum sempat masak sarapan malah sudah keburuan lapar. Kalo ada masakan beku kan tinggal dipanasin. :)

Rendang Daging Super Pedas ala Vies

Bahan:
1 kilo daging tanpa lemak, cuci ptong dan tiriskan
1 buah Kelapa setengah tua, parut dan peras jadi 1 liter santan
2 liter air putiih
5 batang serai, geprek
10 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
3 sendok makan kecap manis
1 bungkus lada
garam dan kaldu bubuk secukupnya
2 sdm minyak goreng

Bumbu halus:

25 buah rawit merah
10 buah rawit keriting
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
2 cm jahe
1 cm kencur
2 cm kunyit
3 butir kemiri
sedikit garam

Cara buat:
Panaskan wajan, masukkan minyak goreng setelah cukup panas masukkan bumbu halus. Aduk sampai keluar aroma bumbunya, masukkan serai, daun jeruk dan daun salam aduk terus sekitar 3 menit dengan api sedang. Masukkan daging besarkan api kompornya, aduk 15 menit lalu masukkan 1 liter air. Setelah airnya menyusut masukkan garam lada kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk rata lalu tambahkan santan sampai agak meyusut lalu air. Masak sampai airnya menyusut dan tekstur daging menjadi empuk kurang lebih 2 jam. 

Gampang kan???






Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar