Pages

Jumat, 29 Juni 2012

Sup Ayam Wortel tanpa MSG ala VieS

Posting kali ini saya akan menyingkap sebuah tabir misteri, "bagaimana memasak sup ayam gurih tanpa secuil MSG/pun Kaldu Bubuk". Anda penasaran? teruskan membaca blog ini tapi kalau tidak penasaran silahkan anda tutup blog ini dan saya yakin anda pasti akan menyesal. Hehehe

Sup ayam. Nah itu adalah salah satu makanan favorit saya n suami. Kuahnya hangat dan gurih terasa mantap banget apalagi jika disantap di pagi hari ataupun di cuaca dingin kala musim hujan tiba. Sluuuurppp, terasa hangat di tenggorokan n perut. Untuk mendapatkan rasa kuah sup yang gurih terkadang atau bahkan mungkin mayoritas orang cendrung menambahkan MSG ataupun Kaldu Bubuk. Padahal sebenarnya MSG/Kaldu Bubuk bisa di skip dan diganti dengan bahan makanan alami yang tentunya akan jauh lebih baik bagi kesehatan. Sayang kan jika sup ayam yang semula sehat dengan tambahan sayuran bergizi tinggi seperti wortel, jagung manis dan brokoli malah "tercemar" oleh MSG. Terlebih lagi jika yang menyantapnya adalah sanak keluarga kita yang masih anak2x dan ibu hamil, MSG wajib banget buat di skip.

Rahasianya adalah pemilihan daging ayam segar, memasaknya dalam waktu yang cukup lama agar kaldunya keluar dan tambahan resep rahasia dari saya:
1. Bawang Bombay
2. Bagian putih dari daun bawang
3. Margarin
4. Wortel Parut

Intinya adalah saya menggabungkan kaldu daging ayam dan kaldu sayuran sehingga diperoleh rasa kaldu yang gurih manis alami.

Bahan:
1/2 Kilo Dada ayam tanpa kulit & lemak potong uk. sedang (lebih recomended pake ayam kampung)
400 gram wortel potong dadu uk. 1x1 cm
3 batang bagian putih daun bawang, geprek dan potong 2 cm
3 sdm wortel merah parut halus
1/2 bawang bombay, iris halus
1 sdm margarin
1 sdm merica bubuk
2300 ml air putih
garam secukupnya
Cara Buat:
Panaskan wajan dengan api sedang, masukkan margarin lalu bawang bombay aduk sampai harum lalu masukkan potongan ayam. Aduk sampai potongan ayam menjadi kaku. Masukkan air, wortel parut dan batang putih daun bawang. Besarkan api kompor, didihkan sampai airnya menyusut dan sayuran menjadi hancur (kurang kebih 35-40 menit). Masukkan potongan wortel didihkan 15 menit sampai wortel menjadi lembut. Tambahkan garam dan merica lalu matikan api.

Note:
Boleh ditambahkan sayuran lain seperti kentang, jagung pipil maupun brokoli dengan mengurangi jumlah wortel. Di resep ini saya hanya menggunakan wortel karna saya lebih suka sup ayam yg isinya tidak "ribet" .



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar