Pages

Rabu, 04 Juli 2012

Bubur Jawak aka KeuMuiSiuk ala VieS

Kemarin dapat paket kiriman dari Mama. Isi paketnya adalah bahan makanan langka khas dari Borneo. Nama bahan makanan tersebut adalah Jawak dan dalam bahasa Khek dikenal dengan nama KeuMuiSiuk. Bahan makanan ini sejenis beras, bentuknya bulat kecil, berwarna kuning pucat dan sepintas mirip telur ikan. Teksturnya kering dan kalau dimasak bisa mengembang menjadi berkali lipat seperti kita memasak bubur dari beras. Rasanya gurih n hampir terasa mirip dengan Oatmeal.
Perlu waktu lama untuk mendapatkan bahan makanan ini. Saya sudah mengorder sama Mama sekitar 4 bulan lalu dan baru berhasil mendapatkannya kemarin. Bahkan Sahabat saya chaini pun juga ikut berjuang hunting Jawak ke pelosok desa demi menyenangkan sahabatnya. hehehe. Tx all Mom n Not. Saya pikir langkanya bahan makanan ini adalah selain karena supplynya yang terbatas dari daerah pelosok desa terpencil juga karena tidak adanya pembudidayaan tanaman penghasil Jawak. Akan sangat disayangkan sekali jika tanaman ini sampai punah, bakal berkurang deh warisan kuliner jadul khas Borneo.

Bubur Jawak ala Vies
Bahan:
200 gram Biji Jawak, cuci bersih, saring dan tiriskan
1300 ml Air Matang
1000 ml Santan dari 3/4 butir kelapa 1/2tua
garam secukupnya
gula secukupnya
Cara buat:
Masak biji Jawak dengan air matang gunakan api sedang.  Aduk terus sampai airnya habis dan jadi bubur kental. Tuang santan, aduk rata. Masukkan gula n garam. Aduk terus selama 3-4 menit sampai menyatu rata dan santan menjadi panas.

Untuk 10 - 12 porsi


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Posting Komentar